Pages

Sabtu, 20 Oktober 2012

Evolusi Komputer Intel Dual Core


Evolusi Komputer Intel Dual Core
Dasar-Dasar Dari Proses Komputer Dual-Core
Tentang  Dual Core
·         Dual Core dalam satu keping terdapat 2 inti yang terpisah untuk berbagi tugas
·         Dapat mengerjakan banyak ‘task’ aplikasi
·         Cocok untuk aplikasi rendering
Proses komputer dual-core cocok untuk multitasking dan menangani tugas-tugas lain-lain. Ia telah memperoleh pengakuan di seluruh dunia karena pelaksanaan program yang efisien dan cepat nya.
Komputer telah menjadi salah satu orang penemuan paling menakjubkan dan bermanfaat yang pernah dibuat. Ia telah merevolusi cara orang melakukan hal itu. Cara dia makan, minum, tidur dan bahkan berpikir. Dan komputer itu sendiri telah berkembang selama bertahun-tahun. Dari Eniac saya ke
palmtop tangan eksekutif `diselenggarakan di tangan hari ini, komputer telah berubah dengan teknologi.Dan itu telah mengubah kehidupan kita juga.
Penambahan terbaru ini revolusi upgrade teknis komputer adalah teknologi prosesor dual-core. Hal ini mengacu pada CPU (Central Processing Unit-otak komputer) yang memiliki dua inti eksekusi independen dan lengkap untuk setiap dua prosesor. CPU tersebut berisi dua prosesor digabungkan bersama dengan kenangan dan pengendali cache masing-masing terintegrasi ke dalam rangkaian tunggal (umumnya dikenal sebagai sebuah chip silikon). 
Proses komputer dual-core cocok untuk multitasking dan menangani tugas-tugas lain-lain (sering tidak berhubungan satu sama lain). Karena CPU memiliki dua core eksekusi benar-benar independen dan keduanya memiliki interface yang independen kepada bus depan, ini memiliki kapasitas yang sangat baik untuk menjalankan beberapa program dan tugas-tugas secara bersamaan. Demikian pula, proses komputer dual-core mungkin memiliki inti prosesor yang lebih yang sebenarnya dinamakan sebagai proses komputer multi-core. Ini adalah mesin yang sangat efisien untuk melakukan tugas-tugas komputasi intensif atau pelaksanaan program pada contoh waktu yang sama. 
Proses Komputer Pentium dual-core adalah merek yang paling disukai dari komputer di pasar. Ini memiliki mikroprosesor x86-architectured terintegrasi ke sirkuit nya. The Yonah 32-bit prosesor basis untuk komputer mobile sementara Allendale 64-bit prosesor diselenggarakan untuk komputer desktop. Keduanya memiliki arsitektur yang berbeda benar-benar sejauh mikroprosesor membangun teknis yang bersangkutan.
Pada awal tahun 2007, Intel memutuskan untuk memulai proses komputer dual-core di bidang notebook atau laptop juga. Ini adalah keputusan yang sangat penting dan vital karena tidak ada saingan lain dalam fase ini jika pasar arsitektur komputer. Intel hanya memutuskan untuk memulai proses sistem komputer dual-core yang berlaku untuk notebook di atas perintah dari produsen notebook atau laptop. Prosesor pertama yang muncul di notebook dengan menggunakan teknologi proses komputer dual-core adalah Pentium T2060, T2080 dan Pentium 32-bit M berdasarkan core Yonah dengan cache 1 MB L2, bukan memori cache 2MB biasa.
Intel telah memaksa kembali dari merek Pentium ke arena pasar pada 2006 dengan sejumlah murah core tunggal arsitektur Conroe-L core dengan cache 1 MB. Ini adalah nomor `1` untuk membedakan mereka dari dual core inti proses komputer yang telah diberi label dengan digit `2`.
Baru-baru ini, pada tanggal 3 Desember 2007, Intel merilis prosesor dual-core desktop dari merek Pentium. Mereka disebut sebagai E2140 dan E2160. September 2007 merilis akhir dari E2180 yang lebih baik dan diperbarui bernama model. Prosesor ini mendukung ekstensi Intel64, karena mereka berasal arsitektur Allendale Core. Kekuatan dari proses komputer dual-core sangat dekat sebagai perusahaan yang paling `permintaan melebihi pasokan lebih dari mesin-mesin multi-prosesor.
sistem proses Dual-core komputer telah mengambil alih dunia komputasi saat ini. Pada kemampuan multi-tasking, itu telah memperoleh pengakuan di seluruh dunia karena efisien, cepat dan unggul namun kualitas pelaksanaan program dan kemampuan penyelesaian tugas. program yang lebih berat dan kompleks game dapat dijalankan dengan sistem ini proses dual-core komputer pada kecepatan teratur konvensional sistem prosesor single-core lakukan dengan program cahaya pada bagan eksekusi.
Usia komputer telah mulai waktu yang lama kembali. Namun usia komputasi ramping dan efisien dengan bantuan teknologi pisau-tepi baru saja dimulai dengan sistem proses dual-core komputer.
TUGAS PERTAMA SISTEM OPERASI
1. DUAL CORE
Revolusi terbaru upgrade teknis computer adalah prosesor dual core, pembaharuan ini mengacu pada Central Prosesing Unit atau CPU yang Penambahan terbaru ini revolusi upgrade teknis komputer adalah teknologi prosesor dual-core. Ini mengacu pada CPU (Central Processing Unit-otak komputer) yang memiliki dua core eksekusi independen dan lengkap untuk setiap dua prosesor. CPU bersangkutan berisi dua prosesor digabungkan bersama dengan kenangan dan pengendali cache masing-masing terintegrasi ke dalam sebuah sirkuit tunggal (umumnya dikenal sebagai chip silikon)
Proses komputer dual-core adalah cocok untuk multitasking dan menangani tugas-tugas lain-lain (sering tidak berhubungan satu sama lain). Karena CPU yang memiliki dua inti eksekusi benar-benar independen dan keduanya memiliki banyak antarmuka independen ke bus depan, memiliki kapasitas yang sangat baik untuk menjalankan beberapa program dan tugas secara bersamaan. Demikian pula, proses komputer dual-core mungkin memiliki lebih banyak core prosesor yang sebenarnya dinamakan sebagai proses komputer multi-core. Ini adalah mesin yang sangat efisien untuk melakukan tugas-tugas komputasi intensif atau program pelaksanaan di contoh waktu yang sama.
Proses komputer Pentium dual-core adalah merek yang paling disukai di pasar komputer. Memiliki mikroprosesor x86-architectured ke sirkuit terpadu dengan. The 32-bit Yonah prosesor adalah dasar untuk komputer mobile sementara Allendale prosesor 64-bit diselenggarakan untuk komputer desktop. Keduanya memiliki arsitektur sangat berbeda sejauh membangun mikroprosesor teknis yang bersangkutan. Pada awal 2007, Intel memutuskan untuk memulai proses komputer dual-core di bidang notebook atau laptop juga. Ini adalah keputusan yang sangat penting dan vital karena tidak ada saingan lain dalam fase ini jika pasar arsitektur komputer. Intel hanya memutuskan untuk memulai proses sistem komputer menerapkan dual-core untuk notebook di atas perintah produsen notebook atau laptop.
Prosesor pertama yang muncul di notebook dengan menggunakan teknologi proses komputer dual-core adalah Pentium T2060, T2080 dan Pentium 32-bit M berdasarkan Yonah core dengan L2 cache 1 MB, bukan memori cache 2MB biasa. Sistem proses Dual-core komputer telah mengambil alih dunia komputasi saat ini.
Pada kemampuan multi-tasking, itu telah mendapat pengakuan di seluruh dunia karena yang efisien, kualitas pelaksanaan program cepat dan belum superior dan kemampuan penyelesaian tugas. Berat program dan game yang kompleks dapat dijalankan dengan sistem ini proses dual-core pada kecepatan komputer reguler konvensional sistem prosesor single core lakukan dengan program cahaya pada bagan eksekusi Usia komputer sudah mulai lama kembali. Tapi usia komputasi ramping dan efisien dengan bantuan teknologi-tepi pisau cukur baru saja dimulai dengan proses sistem komputer dual-core.
KECEPATAN selalu jadi acuan dari sebuah prosesor pada sebuah motherboard. Dalam hal ini dual core mempunyai kecepatan yang memadai seperti yang telah terwujud pada single prosessor, prosesor tersebut juga dituntut bekerja dengan berbagai pekerjaan tapi dikerjakan dalam satu waktu secara bersamaan. Misalnya saat kita melakukan sebuah pekerjaan seperti melakukan aktivitas pengetikan atau sambil menyusun materi untuk presentasi, sementara itu pada aplikasi lainnya kita juga tengah melakukan ripping audio CD ke format lain ataupun nge-burn data pada CDRW, bahkan men-download dari situs internet. Biasanya pada sistem yang menggunakan prosesor single core, kita akan merasakan sejumlah task komputasi yang dilakukan berbarengan oleh sistem, maka akan berlangsung sangat lambat, bahkan bisa menyebabkan sistem mengalami hang.
Pada prosesor dual core ini akan terjadi pengabungan dua prosesor beserta cache, namun dalam satu kemasan chip atau integrated circuit (IC). Keuntungan dual core terutama pada cache coherency. Dengan dual core, komunikasi antara kedua die dapat dilakukan pada clock rate yang lebih tinggi dibandingkan jika memanfaatkan bus di luar chip. Namun, di balik kelebihannnya tersebut, dual core bukan tanpa kekurangan. Di antara kekurangan itu misalnya membutuhkan operating system (OS) yang mampu mengoptimalkan kinerjanya. Setidaknya kemampuan OS untuk mengoptimalkan SMP (symmetric multi-processing). Selain itu, dibutuhkan juga aplikasi yang sudah mendukung pengoptimalan prosesor ini. Secara teknis pun dapat dikatakan, dual core sebenarnya tidak akan membuat detak komputer (clock speed) jadi lebih cepat daripada prosesor single core yang mempunyai clock speed tinggi. Dual core hanya akan meningkatkan operasional pengguna PC saja.

Prosesor Dual Core

Gambar processor

dual, core, prosesor, komputer, hardware, Perfomance, tecnology, multi, SYSTEMA prosesor dual core adalah CPU dengan dua core yang terpisah mati yang sama, masing-masing dengan cache sendiri. Itu setara mendapatkan dua mikroprosesor dalam satu. Dalam single-core atau prosesor tradisional CPU adalah instruksi makan senar harus ketertiban, melaksanakan, dan kemudian menyimpan selektif dalam cache untuk pencarian cepat. Kapan cache data di luar diperlukan, itu akan diambil melalui sistem bus dari random access memory (RAM) atau dari perangkat penyimpanan. Mengakses melambat kinerja turun kecepatan maksimum bus, RAM atau perangkat penyimpanan akan memungkinkan, yang jauh lebih lambat dari kecepatan CPU. Situasi diperparah ketika multi-tasking.
Dalam hal ini prosesor harus beralih antara
dua atau lebih set data stream dan program. Sumber daya CPU berkurang dan
kinerja menderita. Dalam prosesor dual core masing-masing inti menangani string data yang masuk secara bersamaan untuk meningkatkan efisiensi. Sama seperti dua kepala lebih baik daripada satu, jadi dua tangan.
Sekarang ketika seseorang melaksanakan lain dapat mengakses sistem bus atau melaksanakan kode sendiri. Menambahkan skenario menguntungkan ini, baik AMD dan Intel dual-core flagships adalah 64-bit.To menggunakan prosesor inti ganda, sistem operasi harus mampu mengenali multi-threading dan perangkat lunak harus memiliki multithreading simultan teknologi (TPS) yang ditulis ke dalam kode. TPS memungkinkan paralel multithreading mana dilayani core multi-threaded instruksi secara paralel.
TPS tanpa perangkat lunak hanya akan mengenali satu inti. Adobe Photoshop adalah TPS-contoh perangkat lunak sadar. TPS juga digunakan dengan sistem multi-prosesor Common ke server. Sebuah prosesor dual core berbeda dari sistem multi-prosesor. Dalam terakhir di sana adalah dua CPU yang terpisah dengan sumber daya mereka sendiri. Di bekas, sumber daya berbagi dan inti terdapat di chip yang sama. Sebuah sistem multi-prosesor yang lebih cepat dari sistem dengan prosesor dual core, sementara sistem inti ganda lebih cepat daripada tunggal-inti sistem, asalkan semua sederajat.
Nilai menarik dual core prosesor adalah bahwa mereka tidak memerlukan motherboard baru, tetapi dapat digunakan dalam papan yang ada fitur soket yang benar. Untuk pengguna rata-rata perbedaan kinerja akan sangat terasa dalam multi-tasking sampai lebih software TPS sadar. Server menjalankan banyak prosesor dual core akan melihat lumayan peningkatan kinerja. Multi-core adalah tujuan dan sebagai teknologi menyusut, ada lebih "real-estate" tersedia pada mati. Pada musim gugur 2004 Bill Siu Intel memprediksi bahwa saat ini akan menampung motherboard di sini untuk tinggal hingga 4-core CPU changeover akhirnya memaksa untuk memasukkan memori baru controller yang akan diperlukan untuk menangani 4 atau lebih core.
RANGKUMAN
Dual-Core: Adalah pencapaian teknologi mutakhir pada CPU AMD dan Intel. Dua core (inti prosesor) ditempatkan pada sebuah CPU untuk meningkatkan kinerjanya. Setiap core ini sebenarnya tidak lebih cepat dibanding CPU biasa dengan clockspeed yang sama, tetapi semua proses perhitungan dibagi kepada 2 inti prosesor tersebut.
Istilah yang kerap dipakai adalah multithreading. Aplikasi yang dirancang untuk ini menugaskan langkah-langkah kerja (threads) tertentu kepada setiap core prosesor yang dikerjakan secara paralel. Peningkatan kecepatan yang bisa diperoleh mencapai 70%.
Pada aplikasi yang tidak dirancang untuk multithreading, peningkatan kinerja baru terasa bila beberapa aplikasi dijalankan sekaligus (multitasking). Misalnya ketika Anda bekerja dengan program word processor, sebuah tool AntiVirus bekerja di latar belakang untuk melindungi pekerjaan Anda dari serangan virus. Hal ini serupa dengan Hyperthreading pada Intel. Bedanya, konsep Hyperthreading menggunakan 2 prosesor virtual.
64 Bit: Inovasi yang paling menggebrak dari pengembangan prosesor adalah implementasi 64 Bit. Dari sisi hardware, sejak dua tahun lalu, AMD sudah siap dengan solusi CPU 64 Bit pertamanya. Sayangnya, CPU ini belum didukung Windows di segmen Desktop. Baru setelah Intel juga menawarkan CPU 64 Bit dengan seri 6xx, industri prosesor mulai berubah. Sejak Mei lalu, Windows XP versi 64 Bit sudah tersedia dan dapat digunakan pada CPU AMD maupun Intel.
Registry dan perintah-perintah 64 Bit antara lain dapat mempercepat penanganan bilangan yang membutuhkan tempat lebih dari 32 Bit, termasuk format “Long-Integer” dan “Double-Floating-Point” yang digunakan pada aplikasi ilmiah.
Dengan teknologi 64 Bit, memory address yang dapat dikontak juga meningkat 16 Exabyte (praktiknya hanya sekitar 1 Terabyte). Sebanyak 32 memory address maksimal hanya mencakup 4 GB.
ISTILAH PENTING
64-Bit: Standar 32 Bit lambat laun akan diganti oleh 64 Bit. CPU baru ini mampu memproses 8 Byte (64 Bit) dalam satu cycle (putaran). Dengan demikian, kalkulasi yang rumit dapat dikerjakan lebih cepat lagi.
Dual-Channel: Istilah ini menunjukkan komunikasi antara CPU dan RAM. Dua modul RAM dikontak secara paralel oleh CPU sehingga memungkinkan bandwidth 2 kali lebih besar.
Dual-Core: CPU terdiri dari 2 inti prosesor, sehingga dapat memproses 2 langkah kerja (threads) secara paralel.
Proses produksi: Pengembangan lebih lanjut dari teknologi produksi memungkinkan penempatan transistor yang lebih banyak pada bidang yang sama. Keterangan ukuran seperti 90 nm menunjukkan lebar struktur CPU.
FSB/Systembus: FSB menghubungkan CPU dengan chipset dan komponen lainnya. Pada CPU AMD, systembus berfungsi dengan bandwidth 2 kali FSB, sementara pada Intel 4 kali FSB.
Hyperthreading: Logika kontrol CPU digandakan. Dengan 2 prosesor virtual, 2 buah thread juga dapat diproses secara paralel.
L1-/L2-/L3 Cache: Memori sementara prosesor untuk data, perintah, dan hasil. Biasanya, semakin besar jumlah chache, semakin cepat pula kinerjanya.
Stepping: Berbagai stepping menunjukkan perbaikan-perbaikan kecil dalam teknologi produksi prosesor.
Mekanisme hemat energi: Konsumsi daya dan clockspeed CPU diturunkan. Teknologi AMD disebut Cool n’ Quiet, sedangkan teknologi Intel adalah Enhanced SpeedStep (ESS)
Non-Executable-Bit: Pemisahan RAM menjadi bagian data dan bagian program code. Dengan ini, eksekusi code berbahaya dalam bagian data dapat dihindari

0 komentar:

Posting Komentar